Minggu, 13 November 2016

Infografis Kopi Arabika vs Robusta & Tabel Perbedaan

Dunia saat ini mengenal 2 jenis kopi yang banyak terdapat di masyarakat, yaitu kopi arabica dan robusta. Meski sebetulnya masih ada jenis liberika yang jarang ditanam oleh para petani kopi. Bagi orang awam, membedakan antara kedua jenis kopi tersebut memang tidak mudah. Karena tahunya cuma sekedar ngopi saja. Namun saat ini, banyak orang yang sudah membuat gambar penjelas atau biasa dikenal dengan istilah infografis yang memuat perbedaan kedua biji kopi tersebut.

Tabel Perbedaan Kopi Arabica vs Robusta
Tabel Perbedaan Kopi Arabica vs Robusta

Dari tabel penjelasan diatas, kita mendapatkan informasi yang berharga mengenai beda kopi robusta  dan arabika. Ternyata kopi arabica lebih tua dari segi umur ditemukannya daripada kopi robusta. Kopi arabica ditemukan tahun 1753 sedangkan robusta ditemukan pada tahun 1895. Maka sangat wajar jika sebagian besar tanaman kopi saat ini adalah jenis arabica. Tahun tersebut bukanlah tahun pertama orang minum kopi jenis arabica menurut hemat kami. Karena jauh sebelum itu, telah terjalin hubungan dagang antara orang-orang arab dan penduduk afrika, seperti Ethiopia atau Habasyah, Somalia dan sekitarnya. Dimana kemudian orang arab mengenal kopi dari mereka. Dan itu terjadi jauh sebelum tahun 1753. 

Bisa jadi tahun tersebut adalah tahun dimulainya budidaya secara masal tanaman kopi. Mengingat pada tahun-tahun tersebut, agenda penjajahan bangsa Eropa  ke berbagai penjuru dunia sedang pada posisi puncaknya. Dan kopi menjadi komoditas unggulan di Eropa. Sebagaimana adanya tanam paksa Belanda akan tumbuhan kopi untuk penduduk Indonesia pada masa itu. 

Infografis Beda Kopi Robusta vs Arabica
Infografis Robusta vs Arabica

Dari penjelasan infografis perbedaan kopi arabica dan robusta diatas kita bisa mengetahui bahwa, mayoritas kopi saat ini adalah jenis arabica, yaitu sekitar 75%, dan sisanya 25% adalah jenis robusta. Kopi arabica lebih digemari daripada kopi robusta. Bisa jadi hal tersebut karena karakter rasa kopi arabica yang lembut dan beraroma daripada kopi robusta yang lebih pahit. Didapat informasi pula bahwa sebagian besar penikmat kopi adalah orang dewasa, bukan anak-anak. Enak bukan memperoleh informasi perbedaan kopi arabica dan robusta lewat infografis? Jangan lupa berbagi dengan coffee addict lainya. [Kopi Luwak Premiumku]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar